Sabtu, 10 April 2010

“Ayo Bermain Tali Karet…….”

Assalamualikum Wr.Wb………………
Rasanya bosan memberikan permainan itu-itu saja untuk anak didik kita….mengapa tidak coba modifikasi permainan……..ternyata mudah juga kalau kita mau mencobanya.
Berikut sekelumit aktifitas bermain outdoor ananda TK Islam Modern Putradarma……………..
Permainan karet tradisional….sebuah permainan yang hampir terlupakan……karena semakin maraknya permainan dengan menggunakan tekhnologi canggih berbasis computer…. Playstation sebut saja salah satunya…..kali ini saya beserta rekan guru dan ananda TK Islam Modern Putradarma mencoba menggali kembali permainan tradisional dengan media karet gelang……………
Berawal dari senin pagi di bulan februari……2010
Senin pagi….. ketika saya hendak memasak….
Saya buka kantong plastik berisi penuh sayuran yang hendak saya masak… ada bawang, kangkung, dan sebagainya….
Ketika saya hendak mengupas bawang yang masih berbalut Koran dan diikat karet gelang……saya teringat akan permainan masa kecil saya….”karet gelang”..wah dulu saya paling senang ketika teman- teman mengajak bermain karet gelang……
“Cring ….!!!!! kenapa karet gelang ini harus dibuang…kan sayang terpikir dalam benak saya saat itu, lebih baik saya kumpulkan…lumyan kan bisa saya gunakan untuk media bermain anak- anak disekolah”.
Singkat cerita…..saya mengumpulkan karet- karet gelang tersebut…..dan kemudian saya ronce menjadi sebuah tali karet panjang………..rasanya ingin cepat- cepat mengajak anak-anak di TK Islam Modern Putradarma untuk memainkan permainan ini…..!!!!
Dua minggu yang lalu akhirnya keinginan saya terlaksana……..saya beserta rekan kerja mengajak semua anak – anak bermain lompat tali…..Subhananallah ternyata kulihat anak-anak begitu besar antusiasmenya dan mereka memang betul menyukai permainan ini……….
Saya berpikir keras bagaimana caranya untuk memodifikasi permainan ini agar semua aspek pembelajaran dapat tersampaikan melalui permainan ini………sejenak saya berpikir dan kemudian muncullah ide….Cring…!!
”ya anak- anak harus melompati tali sambil menyebutkan nama bulan, binatang, bunga, dsb,…setiap anak harus menyebutkan 1 macam saja, …dan ketika ia mengulang yang sudah disebutkan temanya… maka anak tersebut kalah dan mendapat sangsi tidak boleh bermain lagi…..” begitu kira-kira permainan ini dimainkan.
Melalui pengamatan diskusi dengan teman- teman guru, ternyata banyak sekali aspek yang dapat dapat terstimulasi lewat permainan ini diantaranya:
: Aspek Moral Agama
- Anak dapat mengenal berbagai macam ciptaan Allah
- Anak dapat mengembangkan sikap sabar menunggu giliran
- Anak dapat mengembangkan sikap mau mengalah
- Anak dapat mengembangkan sikap kerjasama
- Anak dapat mengembangkan rasa sosialisasi


Aspek Bahasa
- Anak dapat menyebutkan berbagai macam jenis tanaman, tumbuhan, binatang dan sebagainya secara lisan
- Anak dapat berkomunikasi secara lancer dengan teman- temannya melalui bahasanya sendiri

Aspek Kognitif
- Anak dapat berpikir secara runtut melalui eksplorasinya
- Anak memampu memahami konsep logika spatcial dengan memperkirakan loncatannya.
- Anak dapat terus menerus membuka main setnya dari apa yang sudah diketahui
- Anak dapat mengenal berbagai jenis nama bulan, bunga, binatang dan sebagainya.

Aspek boddly kinestetik/ fisik motorik
- Melalui permainn lompat tali ini anak seluruh fine motor dan gross motor anak terstimulasi karena mereka harus melompat, berlari dan mengambil ancang- ancang….



Aspek seni
- Permainan lompat tali ini tentu saja memerlukan koordinasi antara lompatan dan kata yang mereka sebutkan tentu saja lompatan harus seimbang dengan kata- kata yang mereka sebutkan bukan kah ini aspek seni…???
- Anak juga dapat belajar meronce dengan menggunakan karet gelang

Sebagai gambaran berikut ini saya coba untuk menuliskan synopsis tentang permainan lompat tali karet:
1. Mula- mula saya dan rekan guru mengkondisikan anank untuk bermain di outdoor
2. Kemudian anak diminta berbaris berbanjar
3. Dua orang guru diminta sebagai pemegang karet, karet dilipat dua dan diletakkan pada kaki bu guru,….hal ini bias dilakukan oleh anank- anak jika anak- anak sudah mahir….
4. Guru menjelaskan tentang aturan permainannya bersama anak anak, jika ada anak yang mengulang kata / jenis binatang yang disebutkanoleh temannya…maka sangsinya tidak boleh mengikuti permainan lagi…
5. Satu persatu anak diminta menyebutkan, misalna jenis binatang darat sambil melompat
6. Begitulah permainan ini dimainkan sampai anak yang paling lama bertahan dialah pemenangnya
7. Untuk memotivasi anak,,,, jangan lupa berikan reward bagi pemenangnya….


Berikut ini beberapa gambar yang berhasil saya sunting ketika ananda TK Islam Modern Putradarma kelompok B3 ketika bermain lompat tali…….

2 komentar:

  1. naahh...ini dia nih yg menarik, bu dyah... memang dari sudut modernisasi, permainan ini tertinggal sangat jauh, tapi kita juga jangan sampai meninggalkan permainan yang telah mendarah daging karena dari sejak kecil kita terbiasa dengan permainan ini (konteks primordialisme). Dari sudut pembelajaran secara psikologis (aspek edukasi)pun bisa dijelaskan secara spesifik, mulai dari aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik......ok sip...lanjut dengan inovasi berikutnya ya bu, 2 thumb for bu dyah....to be creat ya bu.. :)

    BalasHapus
  2. trimakasih kang yana..... Insya Allah ya kang... mohon doa restunya... amin

    BalasHapus