Sabtu, 10 April 2010

modifikasi permainan outdoor bagi anak...

KONSEP PERMAINAN OUTDOOR
DALAM KEGIATAN PENERIMAAN SISWA BARU
OLEH: SAMSIAH S.Pd I


1. Centra Kognitif

Nama Permainan: “My POlkadot”
Alat dan Bahan:
 Kartu dot yang terbuat dari asturo yang diberi pola dot dengan menggunakan kertas origami ( hamper menyerupai kartu domino) kemudian delaminating, jumlah dot berkisar antara bilangan 20- 50, yang nanti disesuaikan saatguru memberikan soal dalam permainan…!
 Papan tulis yang bias dijangkau oleh anak.
 Spidol
 Semua alat permainan disiapkan sejumlah 4 set

Sinopsis Permainan/ Langkah Pembelajaran:
 Guru mengkoordinasikan anak untuk membuat barisan berbanjar 4
 Guru mendemonstrasikan Permainan yaitu
 Guru membuat sebuah soal penjumlahan dipapan tulis
 Anak diminta menjumlahklan kemudian menuliskan hasil penjumlahannya dipapan tulis
 Guru meminta anak untuk mengambil kartu dot yang sesuai dengan hasil penjumlahan
 Guru memberikan Reward bagi anak yang paling dulu menyelesaikan perintah dengan tepat dan benar






2. Centra Bahasa

Nama Permainan: “let’s….. writing”
Alat dan bahan:
• Gambar- gambar yang tidak terlalu rumit dan mengandung makna kata yang tidak menggunakan akhiran, misalnya gambar meja, bola, baju, boneka, sepeda dsb….kemudian dibawah gambar berikan undrscor sesuai jumlah hurup misalnya gambar baju maka dibawahnyaberikan 4 buah underscore untuk diisi/ ditulis anak…
• Crayon untuk anak mewarnai…minta anak untuk membawanya dari rumah
• Pensil minta anak membawa dari rumah

Sinopsis/ Langkah Pembelajaran:
• Guru mengkondisikan anak untuk duduk dimatras
• Guru menginstruksikan anak untuk mewarnai gambar dan menamai gambar tersebut
• Guru memberikan reward kepada setiap anak…


3. Centra Sosial/ Emosional/ Teamwork

Nama Permainan: “ Holly Hullahop”
Alat dan Bahan:
 Hullahop yang sudah dililiti kertas krep beraneka warna
 Dibutuhkan 5 hullahop untuk 1 team.( 4 Orang anak)
 Rute/ jarak lintasan yang sudah diber garis start dan Finish

Sinopsis Permainan/ langkah pembelajaran:
 Guru mengkoordinasikan anak dengan cara mengelompokan anakmenjadi group- group kecil, setiap group terdiri dari 4 anak
 Guru menyiapkan 5 buah hullahop, kemudian mendemonstrasikan permainan
 Semua anak masuk kedalam hullahop
 Hullahop yang paling depan dikosongkan.
 Anak berpindah tempat maju kehullahop yang berada didepannya, anak no 4 ke 3, 3 ke 2, 2 ke 1, 1 ke hullahop yang kosong didepannya.
 Anak yang paling belakang bertugas mengoper hullahop yang ada dibelakangnya ke anak yang paling depan dengan cara estapet…..begitu permainan ini dimainkan sampai mencapai garis finish.
 Guru memberikan reward bagi team yang berhasil lebih dulu sampai digaris finish.


4. Centra Sains

Nama Permainan: “a Magic colour”
Alat dan bahan:
• Cat air/ cat asturo/ pasta
• 3.Gelas pop ice
• 3 Sendok untuk mengaduk
• 3 Celemek
• 3 buah Papan tulis
• Kertas origami warna- warni…


Sinopsis Permainan/ Langkah pembelajaran:
• Guru mengkoordinasikan anak untuk membuat team/regu tiap regu terdiri dari 3 orang anak
• Guru menjelaskan tentang tata cara permainan:
• Guru memberikan instruksi kepada anak untuk mencampur warna kedalam gelas pop ice missal: merah+ biru, hijau+ merah, dsb.
• Guru meminta anak untuk mencampur warna tersebut dengan menggunakan air lalu mengaduknya hingga rata.
• Setelah berhasil membuat sebuah warna baru anakdiminta menuliskan warna tersebut dengan melihat contoh warna dan tulisan yang ada dipapan tulis.

1 komentar:

  1. ternyata konsep atau cara mengajar di Taman Kanak2 sangatlah bervariasi yaaaa.....kalo tampil dan menerapkan secara bervariasi kepada peserta didik, sepertinya akan menyenangkan banget yaaa...berarti disini dituntut kemampuan dan kreatifitas dari gurunya dong.....wuiihhh...akan menyenangkan dan menarik tuuh.....tp bisa ga yaa, kalau diterapkan di Pendidikan anak usia dini (PAUD) bu Dyah.....???

    BalasHapus